Tuesday, May 11, 2010

First Shot: Alphabet Chocolate Cookies for Rakha’s Big Day



M.Darrel Abiyyu Rakha, our lovely son, tanggal 12 November 2009 ulang tahun yang pertama. Seperti halnya para “newly Mom”, aku pengeen banget bisa ngasih sesuatu yang special di hari ultahnya. Bukan mengadakan pesta besar-besaran (toh anaknya belum ngerti juga dan itu terkesan berlebihan buatku – berlebihan karna minim nilai pengajaran yang baik disana dan berlebihan menghamburkan uang pastinya, hehe..)So, aku cuma menggelar acara pengajian ibu2 RT dirumah minta didoakan supaya Rakha panjang umur dan menjadi anak yang berguna dan sholeh, Amiin.

Tapi sepertinya ada yang kurang kalo ulang tahun gak bikin goodie bag untuk temen2 Rakha. Untuk hal yang satu itu, aku memutuskan untuk tidak membuat goodie bag berisi snack2 instan ber-MSG itu. Aku sendiri sebisa mungkin membatasi kebiasaan jajan gak sehat buat anakku, dan aku yakin para Mommy temennya Rakha juga berpikir sama.
So, aku langsung kepikiran untuk bikin isian goodie bag yang aku buat sendiri. Pilihannya jatuh pada pudding, kukis hias bertuliskan nama Rakha, permen Yupi, coklat Cha Cha, dan susu (biarpun sederhana, setidaknya gak ada kandungan MSG yang meresahkan itu kan? Hehe..)

Tadinya malah pikiran sok idealis-ku ini kepengen juga bikin cupcake dan coklat stik buat ngeramein isian goodie bag, tapi apalah daya, tanganku cuma dua, akhirnya keteteran sendiri euy..

Untuk kukis hiasnya, ini dia nih proyek nekatnya. Ceritanya, ini kukis pertama yang aku buat sendiri, maksudnya "bener-bener pake tenagaku sendiri" karna sebelumnya aku cuma jadi asisten Mamaku aja kalo Mama lagi bikin kue. Jujur, dulu tuh cuma mendapatkan porsi sebagai tukang cetak adonan aja, tanpa tau bahan2 apa aja yang ada dlm adonan itu (waktu itu sama skali belum tertarik utk tau resep2 kue, malah kadang kalo disuruh bantuin nyiapin bahan2 n bikin adonan kue lebaran misalnya, aku pake jurus "pura2 sibuk" biar kebagian jadi tukang icip2 aja (ampuni anakmu ini ya Ma.. hehe..)

Singkat cerita, aku baru inget kalo aku belum punya perlengkapan bikin kue. Akhirnya dengan sedikit dadakan, aku pinjem oven Mama mertuaku deh. Tampilannya memang sedikit mengkhawatirkan, hehe.. udah karatan sana-sini dan beberapa bagiannya bahkan bolong karna aus dimakan usia. Kadang gak tega ngeliat tu oven yang sepertinya kalo dia bisa ngomong, pasti udah minta pensiun dari lama, haha..



Tapi tampang memelas si oven itu gak bikin aku mundur untuk tetep keukeuh untuk turut serta memberdayakannya dengan proyek percobaan bikin kukis pertamaku (dengan berbekal semangat demi ulang tahun pertama anakku ^^). Ini dia hasilnya sebelum dihias royal icing:



Kiri: kukis coklat yg selamat – Kanan: Kukis arang, kkk...

Ok, kayaknya aku udah mulai bisa bikin kukis sendiri nih (dengan perasaan girang bukan kepalang, biarpun beberapa kukis coklat pertama-ku itu ada yang berwarna legam dan beraroma arang -as appear in pic- hihi..) Tapi pede ajaahh namanya juga baru belajar (jurus menghibur diri).

Mulailah mengambil ancang-ancang untuk melancarkan rayuan maut ke si Ayah biar dibeliin alat perang para baker, yang standar aja dulu kan masih amatiran, hehe.. Syukurlah si Ayah sangat mendukung keinginan istrinya yang agak2 mengejutkan ini, hihi.. soalnya gak pake kata pengantar apa2 tau2 minta dibeliin seperangkat alat kue dibayar tunai, hehe.. Mixer, oven (“otang” – oven tangkring aja dulu), aneka jenis loyang, cetakan kukis, sampe rolling pin dan spatula akhirnya dibeli dadakan dengan tidak lupa mengucap “Bismillaah, smoga bermanfaat dan sapa tau bisa menghasilkan, Amiin” (Sebetulnya doa yang kedua itu agak2 diluar batas kePeDean-ku siy, soalnya baru mo bikin kali pertama aja udah kepikiran pengen jualan, oalaah..)

No comments: